Gayuh Sepeda, Pemkab Bangka Bersama Rombongan Gowes Tempuh Wisata Belinyu

by
Pemkab Bangka bersama rombongan gowes menempuh tempat wisata di Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Minggu (19/07)

BELINYU, DEMOKRASIBABEL.COM – Melalui olahraga bersepeda (Gowes), Bupati Bangka, Mulkan SH,MH dan Wakil Bupati, Syahbudin S.IP bersama rombongan mengayuh sepeda menempuh tempat wisata yang ada di Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Minggu (19/07).

Gowes bersama ini diikuti Kapolres Bangka, AKBP Widi Haryawan, Sekda Bangka, Andi Hudirman,Ketua Tp PKK Bangka, Yusmiati Mulkan, Camat, Kapolsek, Danramil dan OPD Pemkab Bangka. Dan rute ini menempuh jarak sekitar 16 sampai 20 kilometer yang disertakan anggota Klup Sepeda “Belinyu Gowes Bedepe” dan masyarakat Kecamatan Belinyu.

Kegiatan bersepeda yang sudah menjadi tren ini merupakan salah satu bentuk olahraga yang rekreaktif dan menjadi aktifitas pelepas penat yang menyenangkan serta dapat menjaga kebugaran tubuh.

Belinyu Gowes ini mulai start dari pintu gerbang masuk Kota Belinyu,tepatnya dihalaman SPBU Dusun Sincong,Desa Gunung Muda, Kecamatan Belinyu.

Dari pintu gerbang tersebut, gowes pun mulai melintasi wisata Phang Kap Liang dimana tempat wisata ini sebelumnya merupakan kolong eks tambang yang kini dijadikan tempat pembudidayaan ikan jenis tawar.

Kemudian gowes berlanjut mengarah wisata Benteng Kuto Panji dimana tempat ini merupakan bekas benteng peninggalan sejarah jaman kerajaan terdahulu. Selanjutnya wisata religi Goa Maria tepatnya dibelakang Gereja Katolik Belinyu dan gowes finish di wisata Aek Bedelew dimana tempat wisata ini terkesan akan kejernihan air lelap (rawa-rawa) alaminya yang bertempatkan dikawasan Pantai Lepar Kecamatan Belinyu.

Bupati Bangka, Mulkan SH,MH berharap olah raga bersepeda bersama ini dapat menjadikan kegemaran banyak orang di indonesia bahkan di dunia. Dan mampu menjadikan sarana pemersatu antara Pemerintah dengan masyarakat Kabupaten Bangka dalam mewujudkan visi misi Bangka Setara Nyaman Bersama.

“Mari Kita memasyarakatkan olahraga dengan bersepeda. Karena sepeda inilah dulunya merupakan alat transportasi bersejarah bagi Kakek, Nenek dan Orang tua Kita sebelumnya. Yang mana dengan sepeda tersebut mereka mencari nafkah untuk menghidupi Anak-anaknya dan kini telah menjadi trend dikalangan masyarakat,” katanya.

Dikatakannya, dengan gowes ini tentunya Kami mengunjungi tempat-tempat destinasi pariwisata dan menikmati keiindahan akan alam wisata Belinyu sekaligus mempromosikanya kepada masyarakat luas nantinya.

“Dengan dipromosikannya kekayaan alam wisata yang ada disekitar Kabupaten Bangka ini, tentunya akan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Baik itu dari dalam negeri maupun wisatawan mancanegara,” ujar Bupati Mulkan. (Suyanto/advetorial).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *